FKIP: Belajar Sambil Bermain di SD Sudirman

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bosowa bekerjasama dengan SD Sudirman I menggelar acara rangking I, sabtu (21/5).

Acara yang mengangkat tema Peran Serta Lembaga dalam Membangun Karakter dan Kreatifitas Anak Bangsa ini diikuti oleh lima orang siswa dari masing-masing perwakilan SD Sudirman I, II, III, dan SD Sudirman IV. Awaluddin Eka Sahputra, Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD) mengungkapkan bahwa tema ini adalah harapan bersama civitas akademika PGSD untuk mengambil peran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kreatifitas anak bangsa.

“Selain merupakan bagian dari program kerja himpunan, kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi keilmuan kami melalui kelembagaan dan tentunya masyarakat sebagai laboratorium kami,” tuturnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh warga SD Sudirman I, II, III, IV, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dekan FKIP, Dr. Mas’ud Muhammadiyah. Di tengah-tengah sambutannya saat membuka acara, ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membuka mata mahasiswanya untuk memahami bahwa teori-teori yang didapatkan di kampus tidak selamanya sejalan dengan realita di lingkungan sosial yang sebenarnya. Sehingga, apa yang dijalankan mahasiswanya hari ini diperuntukkan untuk mahasiswanya agar lebih jeli melihat sistem pendidikan yang berlaku hari ini.

“Hal yang mulai bergeser dalam sistem pendidikan kita hari ini adalah sistem yang hanya berfokus pada logika dan mengesampingkan karakter,” ungkapnya. Menurutnya, dengan sistem belajar sambil bermain akan membentuk logika yang berjalan beriringan bersama karakter. Sedang karakter yang baik menurutnya akan menuntun peserta didik untuk lebih arif dan bijaksana dalam bersikap.

Pada kegiatan ini, Hj. Andi Arjuniwati Kepala Sekolah SD Sudirman 1 mengungkapkan harapan besarnya agar kerja sama yang terjalin ini bisa terus ditingkatkan. “Pada dasarnya kami sangat mendukung. Kegiatan ini kami anggap sebagai proses belajar sambil bermain bagi anak didik kami,” ungkapnya. Kedepannya, FKIP dan SD Sudirman I akan menggagas kerja sama lebih lanjut dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Humas Unibos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *