Kesesuaian visi, misi, sasaran dan tujuan Program Pendidikan Bahasa Indonesia, tergambar dalam muatan kurikulum yang pada prinsipnya merupakan penjabaran dari visi, misi, sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan.

Hal ini dapat dilihat dalam komponen kurikulum, yang terdiri atas mata kuliah yang diharapkan dapat mengembangkan kompetensi mahasiswa calon lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S-1) di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia.

KURIKULUM

  • penyusunan kurikulum yaitu pada prinsipnya penyusunan dan pengembangan kurikulum dilakukan di tingkat program studi khususnya yang berkaitan dengan mata kuliah yang dikembangkan pada setiap program studi.
  • penyediaan fakultas yaitu Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan selalu bersedia mendukung dalam merevisi,mengembangkan,dan memutakhir kurikulum setiap program studi di lingkungan FKIP.
  • Organisasi Kegiatan yaitu kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isibahan kajian,bahan pembelajaran,metode penyampaian,cara penilaian beban dan masa studi.
  • pengembangan kurikulum yaitu fakultas memberikan dukungan dalam upaya pengembangan kurikulum kepada semua program studi di lingkungan FKIP dengan melakukan evaluasi secara berkala dan meninjau ulang.
  • Bantuan dana yaitu untuk merencanakan,mengembangkan,memutakhir,atau mengevaluasi kurikulum diperlukan bantuan dana.

Ketahui Lagi  

PEMBELAJARAN

  • Peran fakultas dalam persiapan pembelajaran yaitu Universitas Bosowa telah menetapkan standar proses pembelajaran yang harus dipenuhi oleh mahasiswa dan dosen.
  • Peran Fakultas dalam dalam memonitor dan mengevaluasi pembelajaran yaitu untuk memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran, Fakultas besama prodi melakukan kegiatan monitoring perkuliahan untuk memantau kelancaran perkuliahan.

Ketahui Lagi  

SUASANA AKADEMIK

  • kebijakan tentang suasana akademik yaitu untuk menciptakan suasana akademik,fakultas mendukung dan melakukan berbagai kegiatan yang mengarah pada penciptaan suasana akademik yang kondusif,misalnya di seminar di tingkat prodi,fakultas,regional,nasional,dan internasional.
  • penyediaan sarana dan prasarana yaitu Fakultas dan Universitas bertanggung jawab dalam penyediaan dan pengaturan ruangan,seperti ruangan belajar ruangan seminar/diskusi,ruang sekretariat BEM dan HMJ termasuk peralatan dan perlengkapanyang mendukung penciptaan suasana akademik yang kondusif di lingkungan kampus
  • dukungan dana yaitu Untuk meningkatkan suasana/atmosfir akademik,fakultas fakultas menyediakan dana yang cukup
  • Kegiatan akademik di dalam dan di luar kelas yaitu selain kegiatan yang dikoordinasikan fakultas,terdapat pula kegiatan pada tingkat prodi yang dapat meningkatkan suasana akademik seperti diskusi,seminar,workshop.

Ketahui Lagi  

PEMBIMBINGAN AKADEMIK

Kegiatan konsultasi antara pembimbing akademik dan mahasiswa dalam merencanakan studi dan membantu menyelesaikan masalah studi yang dialami.

Ketahui Lagi  

PEMBIMBINGAN TUGAS AKHIR

Kegiatan bimbingan antara pembimbing akademik dan mahasiswa guna menyelesaikan tugas akhir mahasiswa.

Ketahui Lagi