1. kredibel

Untuk membangun sistem tata pamong yang kredibilitas diperlukan penempatan sumber daya manusia yang kompoten di bidangnya, baik struktural, dosen maupun tenaga kependidikan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu program studi dari tiga program studi yang dibina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki 10 dosen tetap dengan kualifikasi pendidikan, yaitu 4 orang berkualifikasi S-3 dan 6 orang berkualifikasi S-2 ( 2 orang di antaranya  sedang menyelesaikan program S-3). Ditunjang oleh tenaga kependidikan (staf) dengan kualifikasi pendidikan: 1 orang berkualifikasi S-2, 1 orang bekuaalifikasi S-1, dan 2 orang berijazah SMA. Doasen tetap program studi  ini sebanyak 6 telah tersertifikasi dan 4 orang belum tersertifikasi.

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dipimpin oleh

ketua program studi (KPS) dan dibantu oleh sekretaris program studi.

2. Transparan

Untuk mencipkan sistem yang transparansi, pemilihan Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan pemilihan sekretaris prodi dilakukan secara demokratis, terbuka, dan transparansi melalui tata aturan yang berlaku dan melibatkan seluruh dosen program studi. Ketua  dan sekretaris prodi dipilih di antara dosen program studi dan diketahui oleh dekan. Selanjutnya, hasil pemilihan ketua dan sekertaris prodi diajukkan oleh Dekan kepada Rektor Universitas Bosowa untuk disahkandalam bentuk surat keputusan. Begitu pula, rencana-rencana kegiatan dan rancangan kebijakaan terlebih dahulu diagendakan untuk dibahas dalam rapat prodi. Dengan mempertimbangkan saran dan masukan dari peserta rapat, rencana kegiatan dan rancangan kebijakan itu diputuskan bersama untuk dilaksanaka

3. Akuntabel

Untuk tata pamong yang akuntabel, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dipimpin oleh seorang ketua prodi. Dalam melaksanakan setiap kegiatan akademik, ketua prodi memberikan laporan pertanggungjawaban kepada Dekan. Pelaksanaan proses pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengacu pada Peraturan Akademik dan Statuta Universitas Bosowa, Kode Etika Dosen dan Mahasiswa.

4. Bertanggung Jawab

Ketua Program Studi bertanggung jawab terhadap bekerjanya, mekanisme, dan sistem yang ada  pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk bertanggung jawab terhadap kegiatan proses pembelajaran, kegiatan PPL dan magang, kegiatan laboratorium, kegiatan perpustakaan, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik terhadap dosen maupun terhadap mahasiswa.

5. Adil

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menerapkan sistem tata pamong yang adil dengan memberikan kesetaraan dan kesempatan yang sama kepada semua dosen di program studi ini dalam hal studi lanjut (S-3), pengampu mata kuliah, pembimbingan PPL dan skripsi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, keikutsertaan dalam seminar, lokakarya, workshop, termasuk dalam hal kenaikan pangkat dan jabatan akademik. Para dosen juga diberikan kesempatan yang sama untuk memberikan saran dan masukan dalam hal pelaksanaan kegiatan akademik dan dalam penerapan kebijaakan. Selain itu, para dosen  memiliki hak yang sama untuk ikut memilih dan dipih dalam mengisi jabatan struktural, baik sebagai ketua prodi, dekan, dan wakil dekan maupun jabatan lainnya dalam lingkup Universitas Bosowa.