Pedoman Monitoring & Evaluasi

Sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja akademik dosen dan kinerja tenaga kependidikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dilakukan pada setiap akhir semester,  khususnya pada  proses belajar mengajar dengan berpedoman pada Peraturan Rektor Nomor 21 tahun 2010 tentang Disiplin Presensi Dosen dan Tenaga Kependikan Universitas Bosowa dan Keputusan Rektor Nomor 53 tahun 2012 tentang Pemberian Imbalan Pokok Disiplinn Presensi Dosen dan Tenaga Kependidikan.

Kinerja dosen di bidang pengajaran dipantau langsung oleh tim penjaminan mutu tingkat universitas. Monitoring dilaksanakan secara door to door yang dilakukan oleh tim penjaminan mutu universitas selanjutnya dilaporkan ke universitas dan yayasan. Di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dosen rutin melaporkan beban kinerja dosen (BKD) setiap akhir semester. Beban kinerja dosen (BKD) di Universitas Bosowa terdiri atas dua jenis, yaitu BKD  yang dilaporkan ke Dikti melaui Kopertis Wilayah IX dan BKD yang dilaporkan ke Yayasan Aksa Mahmud melalui Rektorat. BKD tersebut memuat kegiataan tridarma perguruan tinggi meliputi kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penilaian terhadap kinerja tenaga kependidikan dilakukan langsung oleh atasnya sesuai  dengan form penilaian kinerja tenaga kependidikan dari Tim Penjaminan Mutu. Selain itu, dibagikan angket kepada mahasiswa untuk menilai kirja tenaga kependidikan selama memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Angket tersebut diisi oleh mahasiswa pada  akhir perkulliahan.

Pelaksanaan Monitoring & Evaluasi

PENDIDIKAN

Evaluasi program studi, khususnya dalam proses belajar mengajar dilakukan dengan cara mengedarkan angket evaluasi kinerja dosen kepada mahasiswa. Angket/kuisioner diisi oleh mahasiswa sebagai alat evaluasi kinerja dosen. Hasil angket menjadi dasar indeks  kinerja dosen dan tenaga kependidiikan. Hasil evaluasi ini dibahas dalam rapat rutin fakultas  untuk ditindaklanjuti jika dipandang perlu.  Kinerja dosen di bidang pelaksanaan proses belajar mengajar dipantau langsung oleh tim penjaminan mutu tingkat universitas.  Monitoring kehadiran dosen di kelas setiap hari dilakukan secara door to  door  oleh tim penjaminan mutu sesuai dengan jadwal perkuliahan. Monitoring pelaksanaan proses belajar mengajar juga dilakukan langsung oleh pihak fakultas  dengan menggunakan form isian monitoring yang wajib diisi oleh dosen setelah mengajar. Rekam jejak akademik kinerja dosen dan tenaga kependidikaan didokumentasikan dalam box file setiap dosen yang ditempatkan di fakultas.

PENELITIAN

mahasiswa dilakukan dengan cara menindaklanjuti laporan penelitian dosen dan mahasiswa pada bagian LPPM dan meminta hasil penelitian dalam bentuk penyerahan jurnal dan artikel. Monitoring dan evaluasi kegiatan penelitian juga dilakukan pengisian beban kinerja dosen (BKD).

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Monitoring dan evaluasi untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa dilakukan dengan cara pemberian SK  atau surat tugas oleh LPPM sebagai bentuk keterlibatan dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Monitoring dan evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan dana DIKTI dilakukan oleh tim LPPM Universitas Bosowa Makassar.