Struktur Kurikulum

TOTAL SKS MINIMUM UNTUK KELULUSAN

148 SKS

Terdiri dari: 124 SKS Mata Kuliah Wajib

+ 24 SKS Mata Kuliah Pilihan

Daftar Mata Kuliah  

Kompetensi yang Diharapkan pada Lulusan

KOMPETENSI UTAMA

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, pribadi dan sosial. Kompetensi profesional tercermin dari kualitas lulusan berupa pencapaian IPK sesuai dengan tujuan program studi yang artinya secara otomatis diharapkan lulusan bisa bertindak cerdas dalam melaksanakan tugas sebagi agen pembelajaran. Kompetensi pedagogik diharapkan tercermin saat lulusan mampu memahami peserta didik dan menyiapkan segala perangkat pengajaran sebelum mengajar. Kompetensi pribadi pada lulusan diharapkan muncul sesuai dengan softskill yang telah mereka dapatkan saat masih kuliah yaitu menjadi pribadi yang berakhlak mulia, jujur, menjadi teladan, dll. Dan kompetensi sosial juga diharapkan memunculkan sisi softskill lulusan seperti mampu bekerjasama dengan orang lain, menggunakan teknologi informasi secara fungsional, dan sebagainya.

Untuk itu, program studi sangat peduli dalam rangka mendisain kurikulum yang ada agar terkait sepenuhnya pada peningkatan hardskills dan softskills lulusan yang pada akhirnya bisa menghasilkan lulusan dengan memiliki empat kompetensi diatas. Kurikulum diredisain secara berkala, yaitu empat tahun sekali.

KOMPETENSI PENDUKUNG

Mata kuliah muatan lokal pilihan jurusan tersebut, dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dalam menghadapi perkembangan IPTEK yang diantaranya adalah dengan berkembangnya teknologi pembelajaran dan multimedia. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang lain di bidang nonkeguruan. Misalnya, di bidang kepariwisataan, jurnalistik, penyiaran, dan bidang-bidang yang lainnya. Mata kuliah tersebut diproyeksi mampu meningkatkan hard skill mahasiswa di bidang tersebut dan softskill seperti cara menyelesaikan masalah, mampu mengambil keputusan yang tepat terkait dengan permasalahan yang mungkin terjadi dan etika berhubungan dengan praktisi pengajaran. Prilaku tersebut nampak ketika mereka ditugasi untuk mengadakan observasi secara langsung disekolah-sekolah di perkuliahan English for Children, dan English Teaching Media.

KOMPETENSI LAIN/PILIHAN

Selain menguasai kompetensi utama dan pendukung, lulusan juga menguasai kompetensi lainnya sebagaimana yang terdapat pada mata kuliah pilihan, yaitu broadcasting, penyusunan media pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris pada anak-anak. Jadi harapan program studi, lulusan mempunyai pengetahuan dan pengalaman tambahan tidak hanya sebagai calon pengajar, tetapi secara kreatif mampu menciptakan pilihan karier atau profesi lain.