Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Kontak

Kantor Pusat PGSD Universitas Bosowa.
Lantai IV, Kampus II, Universitas Bosowa.
Jl. Urip Sumoharjo, km.4, Makassar
Email: pgsd@universitasbosowa.ac.id
Website: http://fkip.universitasbosowa.ac.id/
prodi/pgsd/

Struktur Kurikulum

TOTAL SKS MINIMUM UNTUK KELULUSAN

148 SKS

Terdiri dari: 138 SKS Mata Kuliah Wajib

+ 10 SKS Mata Kuliah Pilihan

Daftar Mata Kuliah  

Kompetensi yang Diharapkan pada Lulusan

KOMPETENSI UTAMA

Ada 4 kompetensi utama yang harus dimiliki oleh setiap lulusanS1-PGSD yaitu:

  1. Kompetensi Pedagogik, memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu keguruan serta mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
  2. Kompetensi Sosial, kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan lulusan dalam berinteraksi sosial baik pada sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua dan masyarakat.
  3. Kompetensi Kepribadian, mampu menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat, menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, arif dan berwibawa serta menjujung tinggi kode etik profesi guru.
  4. Kompetensi Profesional, menguasai materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang mampu, mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif serta mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

KOMPETENSI PENDUKUNG

Kompetensi pendukung lulusan Program Studi PGSD adalah:

  1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Berperan dalam masyarakat sebagai warga negara Pancasila
  3. Mengenal profesinya sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku pada profesiguru
  4. Mengenal tujuan pendidikan dasar dan implikasinya bagi proses pendidikan
  5. Mengenal fungsi sekolah dalam masyarakat
  6. Menguasai karakteristik, potensi, serta kebutuhan murid sekolah dasar serta implikasinya bagi proses pelayanan pendidikan
  7. Menguasai prinsip-prinsip belajar dan pemanfaatannya dalam proses belajar mengajar
  8. Menguasai cara berpikir, teori, generalisasi, konsep, prosedur, dan fakta penting yang dapat digunakan untuk menguasai bahan pembelajaran.

KOMPETENSI LAIN/PILIHAN

Kompetensi lain yang harus dimiliki atau yang dipilih lulusan adalah:

  1. Kemampuan menciptakan iklim belajar – mengajar yang cepat
  2. Mengatur kelas untuk menciptakan suasana dan mengelola interaksi kelas yang memberikan kemudahan belajar.
  3. Kemampuan menilai proses dan hasil belajar murid.
  4. Membimbing murid yang mengalami kesulitan dalam proses belajar.
  5. Membimbing murid yang berbakat khusus.
  6. Membina wawasan siswa dalam penghargaan terhadap pekerjaan di masyarakat.
  7. Melaksanakan kegiatan administrasi sekolah.
  8. Berinteraksi dengan teman sejawat secara sosial dan profesional.
  9. Berinteraksi dengan masyarakat secara profesional.
  10. Melaksanakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran.

Pengembangan Kurikulum

Pengembangan kurikulum dalam bentuk peninjauan kurikulum dilakukan secara berkala setiap 4 tahun sekali. Namun tidak menutup kemungkinan dilakukan peninjauan dalam 2 tahun bila dianggap perlu dan mendesak untuk dilakukan. Pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses peninjauan kurikulum adalah pimpinan yayasan UNIBOS, pimpinan UNIBOS, biro-biro yang terkait, pimpinan fakultas, dosen, pakar, praktisi, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni serta pengguna lulusan. Keterlibatan pihak-pihak tersebut tidak hanya pada saat kegiatan peninjauan kurikulum dilakukan, tapi dapat juga dilakukan pada saat sebelum kegiatan peninjauan untuk mendapatkan masukan-masukan dalam pengembangan, terutama dari pihak-pihak pemangku kepentingan. Keterlibatan mereka juga dapat dilakukan setelah peninjauan untuk penyempurnaan pengembangan kurikulum terutama pada perubahan silabus dan RPS. Pada proses ini keterlibatan dosen dan mahasiswa serta pengguna lulusan merupakan yang paling utama. Dalam peninjauan kurikulum difokuskan pada peninjauan kembali mata kuliah-mata kuliah lama yang dianggap sudah tidak relevan kemudian diganti dengan mata kuliah-mata kuliah baru yang lebih sesuai dengan perkembangan iptek. Selain itu, peninjauan kurikulum juga mencakup mengenai silabus dan RPS. Ada beberapa mata kuliah lama yang masih relevan, tetapi membutuhkan perubahan silabus dan bahan ajarnya. Perubahan pada silabus dan RPS ini pada prinsipnya dapat dilakukan setiap semester, sesuai dengan kebutuhan dosen dan mahasiswa.