Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Kontak

Kantor Pusat PGSD Universitas Bosowa.
Lantai IV, Kampus II, Universitas Bosowa.
Jl. Urip Sumoharjo, km.4, Makassar
Email: pgsd@universitasbosowa.ac.id
Website: http://fkip.universitasbosowa.ac.id/
prodi/pgsd/

Pelaksanaan Pembelajaran

Untuk memastikan proses perkuliahan berlangsung dengan baik dan benar serta hasil evaluasi selesai tepat waktu, dibuat diagram alir pengendalian perkuliahan yang berisi tentang alir monitoring kehadiran dosen, monitoring kehadiran mahasiswa, monitoring pelaksanaan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), jadwal perkuliahan, kegiatan perkuliahan dan penggunaan alat-alat bantu kegiatan perkuliahan.

MONITORING KEHADIRAN DOSEN

Kehadiran dosen dimonitor melalui form daftar dosen yang isi dan ditandatangani oleh dosen sebagai pengajar pada saat selesai memberikan kuliah. Form tersebut dibuat oleh pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Adapun data yang tercantum pada form tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Program studi
  2. Semester dan tahun akademik berjalan
  3. Hari dan jam pelaksanaan
  4. Nama mata kuliah
  5. Nama dosen/mahasiswa
  6. Tanggal pelaksanaan
  7. Kolom paraf dosen yang bersangkutan
  8. Kolom pengesahan dari pihak program studi

Diagram-Alir-Pengendalian-Perkuliahan

Setiap dosen wajib mengisi form tersebut sebagai bahan monitoring terhadap kehadiran dosen dalam setiap perkuliahan. Form tersebut dipantau setiap minggu oleh pihakprogram studi dan disahkan oleh ketua program studi. Apabila dosen berhalangan mengajar, dapat dilakukan kuliah pengganti setelah mengajukan permohonan kepada sekretariat program studi melalui form kuliah pengganti. Berdasarkan form kehadiran tersebut maka dapat diketahui presentasi kehadiran dosen yang bersangkutan dalam satu semester sebagai bahan evaluasi pelaksanaan perkuliahan pada semester selanjutnya. Berdasarkan hasil monitoring pada seluruh dosen (dosen tetap dan tidak tetap) untuk seluruh mata kuliah dalam kurun waktu satu tahun terakhir yakni tahun ajaran 2014/2015, dapat disimpulkan bahwa tingkat kehadiran dosen rata-rata adalah sebesar 95,21%.

MONITORING KEHADIRAN MAHASISWA

Monitoring kehadiran mahasiswa pada setiap perkuliahan di program studi PGSD mengacu pada surat keputusan Rektor Peraturan Akademik mahasiswa wajib mengikuti kuliah dengan jumlah kehadiran minimal 80% dari seluruh jumlah tatap muka dari masing-masing mata kuliah yang diikuti.

Pada setiap pertemuan perkuliahan mahasiswa wajib menandatangani absensi kehadiran. Mahasiswa yang tidak bisa hadir diwajibkan untuk mengirimkan surat kepada dosen yang bersangkutan atau diserahkan ke program studi paling lambat surat tersebut sudah diterima pada pertemuan berikutnya. Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan 80% kehadiran tanpa pemberitahuan surat tertulis, maka tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Mahasiswa yang tingkat kehadirannya dalam perkuliahan kurang dari 80%, secara otomatis namanya tidak akan muncul dalam daftar hadir Ujian Akhir Semester (UAS). Adapun data yang tercantum dalam form kehadiran mahasiswa adalah sebagai berikut:

  1. Semester dan tahun akademik berjalan
  2. Program studi
  3. Kode mata kuliah
  4. Nama mata kuliah
  5. Kelas
  6. Nama dosen dan kehadiran dosen
  7. Hari, jam, dan bulan perkuliahan
  8. Tanggal ujian
  9. Nomor induk mahasiswa dan nama mahasiswa
  10. Kolom jumlah kehadiran mahasiswa
  11. Jumlah pertemuan, tanggal, dan jam pelaksanaan perkuliahan
  12. Kolom tanda tangan dosen pada setiap pertemuan

Monitoring kehadiran mahasiswa dilaksanakan oleh dosen penampu mata kuliah dengan mengedarkan form tersebut pada saat perkuliahan dimulai. Setiap mahasiswa yang hadir wajib membubuhkan tandatangan pada kolom hari/tanggal perkuliahan. Pada akhir perkuliahan setipa dosen wajib mencek jumlah mahasiswa dan memanggil nama mahasiswa yang hadir. Data yang diperoleh dari form kehadiran mahasiswa ini dapat dijadikan evaluasi untuk menilai jumlah kehadiran mahasiswa dalam satu semester. Berdasarkan hasil monitoring pada seluruh mahasiswa untuk seluruh matakuliah dalam kurun waktu satu tahun terakhir yakni tahun ajaran 2014/2015, dapat disimpulkan bahwa tingkat kehadiran mahasiswa adalah sebesar 96,10%.

MONITORING MATERI SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa telah membuat sistem untum memonitor materi perkuliahan yang diberikan dosen pada setiap pertemuan perkuliahan. Form ini berfungsi sebagai bahan evaluasi untuk memantau kesesuaian materi yang diberikan dengan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang direncanakan. Apabila ditemukan ketidaksesuaian, maka dilakukan verifikasi oleh bidang kurikulum program studi PGSD ke pihak dosen yang mengajar matakuliah yang bersangkutan. Adapun form monitoring berisikan mengenai:
a. Semester dan tahun akademik berjalan
b. Nama dan kode matakuliah
c. Jurusan/program studi
d. Nama dosen/asisten
e. Kolom rencana SAP yang berisikan metode mengajar dan uraian SAP
f. Kolom realisasi SAP yang berisi metode mengajar dan uraian pelaksanaan SAP
g. Kolom ketidaksesuaia yang di paraf ketua jurusan/program studi
h. Kolom verifikasi dan tindakan perbaikan yang di paraf ketua jurusan/program studi
Hasil monitoring realisasi SAP didapat dari hasil pengukuran kepuasan pelanggan oleh SJM tahun akademik 2014/2015 (dalam hal ini mahasiswa). Berdasarakan hasil analisis kinerja dari tingkat kepentingan (harapan) dan tingkat kepuasan (kenyataan), maka didapat bahwa rata-rata kinerja baik adala sebesar 60%, sedangkan kinerja yang sudah cukup baik adalah sebesar 40%.

PENILAIAN NILAI AKHIR MAHASISWA

Mekanisme penilaian akhir mahasiswa dilakukan berdasarkan komponen-komponen di bawah ini:

  1. Kehadiran (10%)
  2. Tugas (25%)
  3. UTS (30%)
  4. UAS (35%)

Mekanisme Penyusunan Materi Perkuliahan

Untuk memastikan proses perkuliahan berlangsung dengan baik dan benar maka disusunlah mekanisme penyususnan materi perkuliahan dengan melibatkan kelompok dosen yang terdiri dari kepala kajian keilmuan prodi PGSD yang meliputi bidang: pendidikan, IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, PPKn. Setiap bidang bertanggung jawab dalam perumusan Silabus, Satuan Acara Perkuliahan (SAP), serta materi perkuliahan. Adapun mekanisme penyusunan materi perkuliahan dapat dilihat pada gambar berikut.