Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Kontak

Kantor Pusat PGSD Universitas Bosowa.
Lantai IV, Kampus II, Universitas Bosowa.
Jl. Urip Sumoharjo, km.4, Makassar
Email: pgsd@universitasbosowa.ac.id
Website: http://fkip.universitasbosowa.ac.id/
prodi/pgsd/

Kebijakan dalam Suasana Akademik

Kebijakan pelaksanaan suasana akademik mengacu pada peraturan akademik universitas Bosowa. Dalam upaya meningkatkan suasana akademik yang kondusif, PS PGSD FKIP memberi kebebasan kepada seluruh civitas akademisinya untuk pengembangan kompetensi keilmuan sehingga dengan meningkatnya kualitas para dosen, akan meningkatkan kualitas dan kompentensi lulusannya. Upaya tersebut dituangkan dalam bentuk kebijakan berupa:

OTONOMI KEILMUAN

Memberi otonomi keilmuan untuk para dosen dalam mengembangkan ilmu, teknologi sesuai dengan norma dan kaedah keilmuan berlandaskan nilai-nilai kebangsaan dan ketaqwaan. Otonomi keilmuan berada pada koridor keilmuan, yang dikoordinasikan ke ciri khas institusi, yaitu berwawasan global, enterprenership, dan melahirkan tokoh nasional.
Bentuk pelaksanaan kebijakan:

  1. Student Centered Learning (SCL), suatu model pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai pusat dari proses belajar dan dosen sebagai fasilitator yang memotivasi serta mentransfer pengetahuaanya kepada mahasiswa.
  2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa dalam memprogramkan mata kuliah pilihan
  3. Memberi kesempatan kepada dosen untuk studi lanjut sesuai dengan kompetensi yang diinginkan
  4. Menyertakan para dosen dan mahasiswa untuk berperan dalam seminar nasional dan internasional sebagai pembicara atau peserta didalam atau diluar PT dengan biaya institusi.

KEBEBASAN AKADEMIK

Memberi kebebasan akademik menjadi hak seorang dosen untuk mengajar serta hak mahasiswa untuk belajar tanpa adanya pembatasan. Kebebasan akademik bagi mahasiswa meliputi: hak untuk memperoleh pengajaran yang benar; hak untuk membangun pandangan sendiri atas dasar studi yang dilakukan; hak untuk mendengarkan dan menyatakan pendapat.

Bentuk pelaksanaan kebijakan:

  1. Kegiatan rapat kinerja sivitas akademika PS PGSD FKIP dilaksanakan secara informal setiap bulan.
  2. Rapat koordinasi, rapat dapat dilakukan setiap bulan,

KEBEBASAN MIMBAR AKADEMIK

Memberi kebebasan mimbar akademik, yaitu kebebasan yang dimiliki dosen untuk menyampaikan pikiran dan pendapat melalui forum akademik di PT sesuai dengan norma dan kaidah keilmuan. Kebebasan mimbar akademik adalah sebagian dari kebebasan akademik. Kebebasan mimbar akademik dilaksanakan dalam pertemuan ilmiah dalm bentuk seminar, simposium, dan ujian dalam rangka pelaksanaan pendidikan akademik dan/ atau profesional. Bentuk pelaksanaan kebijakan seperti kegiatan kuliah umum dengan mengundang nara sumber.

Sarana & Prasarana

Ketersediaan prasarana dan sarana milik sendiri untuk mewujudkan interaksi akademik antara sivitas akademika yang lebih kondusif.

Event & Kegiatan

Program studi PGSD Universitas Bosowa menyelenggarakan beberapa kegiatan akademik dan non akademik terjadwal dilaksanakan 1-6 bulan, di antaranya:

Kegiatan Ilmiah Akademik, berupa

  1. Basic Study Skill
  2. Seminar dan kuliah umum
  3. Pengabdian pada masyarakat
  4. Praktek mengajar di sekolah dasar
  5. Pelatihan tes toefl (bahasa Inggris)

Kegiatan Non akademik dilakukan bersama himpunan mahasiswa dan fakultas berupa:

  1. Sarasehan dosen dan mahasiswa
  2. Halal bilhalal
  3. Donor Darah
  4. Olahraga dan seni
  5. Bedah buku
  6. Pentas seni
  7. Latihan dasar kepemimpinan

Interaksi antar Cendekia

INTERAKSI ANTARA DOSEN-MAHASISWA

  1. Pengisian KRS, dilakukan setiap awal semester baru, pada saat ini mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen PA terkait masalah akademik yang berpotensi mengganggu prose belajar mahasiswa.
  2. Pembimbingan Akademik dan konseling, dilaksanakan pada setiap semester.
  3. Assistensi dalam perkuliahan
  4. Pembimbingan dalam praktik mengajar di sekolah dasar
  5. Penelitian bersama antara mahasiswa dan dosen
  6. Kegiatan ekstrakokurikuler dan kegiatan kemahasiswaan dimana dosen terlibat dalam berbagai event baik sebagai pengarah kegiatan, pendamping maupun sebagai pembina kegiatan.
  7. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kerjasama dosen dan mahasiswa

INTERAKSI ANTAR MAHASISWA-MAHASISWA

  1. Tugas kelompok dan belajar kelompok
  2. Presentasi kelompok
  3. Forum diskusi dan komunikasi dalam organisasi kemahasiswaan dalam PS maupun dengan PT lainnya.
  4. Workshop atau pelatihan mahasiswa yang diadakan oleh FKIP

INTERAKSI ANTAR DOSEN-DOSEN

  1. Rapat evaluasi perkuliahan pada akhir dan awal semester
  2. Rapat sosialisasi terkait hal-hal khusus
  3. Adanya diskusi terkait mata kuliah
  4. Pembuatan dan revisi Satuan Acara Perkuliahan dan Silabus
  5. Pembuatan bahan ajar
  6. Team teaching atau tim pengajar dalam mata kuliah yang sama
  7. Penelitian bersama antar dosen
  8. Penulisan karya ilmiah bersama
  9. Seminar yang diadakan FKIP atau perguruan tinggi lain
  10. Workshop atau pelatihan dosen yang diadakan oleh FTUP atau perguruan tinggi lain

Pengembangan Perilaku Kecendekiawanan

Program studi PGSD FKIP senantiasa membuka diri dan memberikan kebebasan bagi dosen ataupun mahasiswa untuk mengembangkan perilaku kecendekiawan dan selalu mengajak semua yang ada di lingkungan kampus untuk dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian serta wawasannya dalam bentuk kegiatan:

KEGIATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Salah satu bentuk penanggulangan kemiskinan yaitu dengan melakukan bakti sosial. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan di mana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita. Bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk mewujudkan rasa cinta kasih, rasa saling menolong, rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka. Salah satu kegiatan bakti sosial yang telah dilakukan oleh mahasiswa adalah mengajar anak jalan membaca.

PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan pada prodi PGSD adalah mengadakan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan bagi siapa saja. Jika tingkat pendidikan seseorang baik maka kesejahteraan hidup masyarakat juga dapat baik. Salah satu bentuk kepedulian tersebut adalah dengan terus menjalankan program membaca bagi anak jalanan.

PELESTARIAN LINGKUNGAN

Upaya pelestarian lingkungan direalisasikan oleh civitas akademi prodi PGSD dengan mengadakan program lingkunag bersih. Kegiatan lingkungan bersih yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang perlunya menjaga lingkungan tempat tinggal sehingga diharapkan munculnya rasa peduli terhadap lingkungan dari masyarakat.

PENANGGULANGAN SOSIAL-BUDAYA, POLITIK DAN EKONOMI

Bentuk penanggulangn sosial budaya, politik, dan ekonomi yang dilakukan pada prodi PGSD adalah buka puasa bersama. Kegiatan berbuka puasa dilakukan untuk mewujudkan rasa kekeluargaan antara civitas akademika di lingkungan kampus, rasa peduli kepada sesama manusia, serta meningkatkan rasa syukur kepada Allah swt. Dengan kegiatan ini diharapkan pula meningkatnya rasa takwa kepada Allah swt.

Suasana akademik yang baik juga ditandai dengan adanya pengembangan kepribadian ilmiah. Para Dosen senantiasa di motivasi untuk dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian serta pengabdian pada Masyarakat, menulis buku yang ber ISBN, buku ajar, handout kuliah, menyusun modul kuliah serta makalah-makalah ilmiah yang di terbitkan di perguruan Tinggi lain.