Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Kontak

Kantor Pusat PGSD Universitas Bosowa.
Lantai IV, Kampus II, Universitas Bosowa.
Jl. Urip Sumoharjo, km.4, Makassar
Email: pgsd@universitasbosowa.ac.id
Website: http://fkip.universitasbosowa.ac.id/
prodi/pgsd/

Standar Mutu

Standar pelaksanaan penjaminan mutu pada program studi, dilakukan oleh Unit Jaminan Mutu (UJM) pada tingkat jurusan/program studi, yang bertanggung jawab pada proses pengelolaan mutu internal pada tingkat jurusan maupun program studi. UJM di tingkat jurusan/ program studi bertugas sebagai auditor internal yang mengaudit pengelolaan akademik yang dilaksanakan oleh Program Studi.

Standar Penjaminan Mutu Tingkat Program StudiPencapaian Mutu Tingkat Program StudiTindak Lanjut
Kegiatan pendidikan dan pengajaranTerlaksananya kegiatan pendidikan dan pengajaranKegiatan pendidikan dan pengajaran di tingkat prodi dilaksanakan dengan melakukan evaluasi yang dilakukan setiap bulan
KegiatanPenelitian di tingkat program studiTerlaksananya penelitian di tingkat program studPenelitian pada tingkat program studi sudah terlaksana dalam bentuk penelitian mandiri dan penelitian hibah
pendidikan danPengabdian kepada masyarakat di tingkat program studiTerlaksananya pengabdian kepada masyarakat di tingkat program studiPengabdian kepada masyarakat di tingkat program studi dilaksanakan dalam berbagi bentuk seperti menjadi narasumber diberbagai kegiatan kemasyarakatan, melakukan bakti sosial, dan kegiatan-kegiatan lain di masyarakat
pengajaranSarana pendukung pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat program studiTersedianya sarana Pendukung pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat program studiPeningkatan sarana pendukung pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat program studi
Pengembangan SDM di tingkat program studiTerwujudnya pengembangan SDM di tingkat program studi Pengembangan SDM di tingkat program studi dilakukan dengan cara mengirim SDM untuk studi lanjut maupun mengikuti seminar ilmiah/workshop
Akreditasi Program StudiTerwujudnya akreditasi Program Studi PGSDPeningkatan akreditasi program studi PGSD

Umpan Balik

Isi Umpan BalikTindak Lanjut
Dari Dosen:
Ruangan dosen belum representatif sehingga bimbingan kurang maksimal.Renovasi ruangan untuk konsultasi pembimbingan.
Suhu ruangan Kuliah yang panas.Universitas menyediakan AC di ruang kuliah.
Media Pembelajaran (LCD) yang kurang memadai.Prodi menyediakan LCD.
Laboratorium belum memadai.Pengadaan laboratorium IPA, Bahasa, IT, Microteahing.
Dari Mahasiswa:
Fasilitas laboratorium, komputer terpusat di universitasProgram Studi/FKIP mengatur pemakaian laboratorium komputer.
Ketersediaan buku PGSD di perpustakaan masih kurang.Penambahan koleksi buku di perputakaan.
Kehadiran dosen dalam memberikan kuliah kadang tidak sesuai jadwal.Perbaikan kinerja dalam pelayanan agar tepat waktu dengan cara melakukan pemantauan dosen dalam memberikan kuliah.
Kurangnya interaksi antara Dosen PA dengan mahasiswa bimbingan PA.Perlu pemantauan Dosen PA dalam memberikan konsultasi pada mahasiswa.
Kurangnya pembinaan & penghargaan kepada mahasiswa berprestasi.Perlu dilakukan pembinaan dan penghargaan untuk mahasiswa berprestasi.
Dari Alumni:
Sebagian besar para lulusan masih perlu peningkatan kepercayaan diri untuk terjun di masyarakat, serta semangat kepemimpinan yang masih butuh peningkatan. Selain itu, sarana dan prasarana dalam perkuliahan masih perlu ditingkatkan.Perlunya memberikan atau menambah kualitas pengembangan soft skill mahasiswa dalam bentuk pelatihan-pelatihan khusus.
Perlunya peningkatan sarana dan prasara dalam proses perkuliahan.
Pengguna lulusan
Penguasaan mahasiswa akan pengetahuan local genius/local wisdom masih butuh peningkatan.Pengguna lulusan menyarankan pihak program studi dalam rekonstruksi kurikulum, menambahkan porsi muatan lokal minimal 30%, mengingat bahwa proses pembelajaran yang ada di sekolah dasar mengarah pada Otonomi Daerah kini makin relevan.

Keberlanjutan Prodi PGSD

  1. Universitas melakukan sosialisasi program beasiswa untuk calon mahasiswa berprestasi di bidang akademik, bakat dan minat, serta mahasiswa kurang mampu. Sosialisasi ini disampaikan melalui media elektronik pada website http://www.universitasbosowa.ac.id.
  2. Menyambut tahun ajaran baru, pihak universitas melakukan promosi Program Studi PGSD melalui media massa seperti Koran, penyebaran brosur, dan spanduk ke siswa SMU/SMK/MAN.
  3. Mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.
  4. Mengadakan ekstrakokurikuler
  5. Mengadakan seminar, pelatihan, bazar, dan lomba porseni.
  • Melakukan monitoring dan evaluasi manajemen prodi secara berkala.
  • Meningkatkan kualitas staf melalui pengembangan tenaga kependidikan antara lain:  memberikan pelatihan-pelatihan KRS  online, Microsoft  Office  dan kursus-kursus yang dibutuhkan sesuai bidang yang dikerjakan sehingga kualitas  layanan  kepada mahasiswa meningkat.
  • Di dalam melaksanakan internal manajemen yang sehat, efektif, efisien dan akuntabel, dibutuhkan sistem administrasi umum yang sistematik berbasis teknologi informasi misalnya LAN. Untuk itu dilakukan
    pengembangan terhadap sistem administrasi umum dengan memanfaatkan teknologi tersebut, sehingga dengan pengembangan ini, dapat meningkatkan kinerja pengoperasian dari segi administrasi umum, surat menyurat maupun dari segi informasi sarana dan prasarana yang dikelola oleh Prodi PGSD FKIP.  Dampak dari kegiatan
    internal manajemen yang berbasis LAN ini presentase kehadiran mahasiswa > 75% lebih terkontrol sebelum ujian akhir dilaksanakan dan kehadiran dosen dalam mengajarnya juga terkontrol 14-16 kali pertemuan sesuai persyaratan tersebut terpenuhi.
  • Mengembangkan kualitas tenaga pendidik di lingkungan prodi seperti mengikuti pelatihan/magang/ seminar untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik baikdi dalam maupun di luar negeri, memiliki sertifikasi pendidik, memiliki jabatan akademik yang secara berkala mengalami kenaikan sesuai waktu dan  prosedur yang telah di tentukan, serta memiliki kompetensi di bidangnya.
  • 90% tenaga pendidik memiliki kompetensi sesuai mata kuliah yang diampu.
  • Melakukan evaluasi kurikulum secara periodik per 3 tahun sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia kerja.
  • Meningkatkan softskill mahasiswa dengan mengadakan pelatihan.
  • Mengadakan  magang dan Praktik  Pengalaman lapangan (PPL) di sekolah dasar.
  • Mengembangkan sarana dan prasarana laboratorium di prodi PGSD FKIP  dan penambahan buku ajar  dalam rangka menunjang kegiatan penelitian mahasiswa dan tenaga pendidik agar tercapai atmosfer akademik yang kondusif dan dinamis.
  • Peningkatan keterampilan dan kemampuan  mahasiswa dalam berorganisasi, komunikasi ilmiah, soft-skill, wirausaha dan sebagainya.
  1. Program Studi menjalin kemitraan dengan lembaga tempat pelaksanaan penelitian dalam rangka penyusunan skripsi, PPL (Program Praktik Lapangan) bekerjasama dengan beberapa SD Negeri dan Swasta, KKN (Kuliah Kerja Nyata) di berbagai daerah, dan praktikum perkuliahan tertentu.
  2. Program Studi bekerja sama antara lain dengan Lembaga Penelitan dan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat  (LPM), dan Dinas Pendidikan Provinsi/Daerah se-Sulawesi Selatan.
  3. Program studi juga melakukan kerja sama dengan PGSD  di seluruh wilayah Indonesia yang berkoordinasi dengan Himpunan Dosen PGSD Indonesia di bidang tridarma perguruan tinggi.

Berdasarkan uraian di atas dengan upaya yang dilakukan oleh prodi PGSD FKIP secara berkelanjuatan dan untuk menghadapi AFTA  menuju program studi yang unggul dalam persaingan global maka dengan berbagai upaya yang berkelanjutan akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan prodi, maupun institusi di masa mendatang.