Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Kontak

Kantor Pusat PGSD Universitas Bosowa.
Lantai IV, Kampus II, Universitas Bosowa.
Jl. Urip Sumoharjo, km.4, Makassar
Email: pgsd@universitasbosowa.ac.id
Website: http://fkip.universitasbosowa.ac.id/
prodi/pgsd/

Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam program studi. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan, tatacara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, laboratorium, dan studio). Sistem tata pamong (input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas.

1. Kredibel

Legilitas Program Studi PGSD FKIP Universitas Bosowa tercantum dalam SK izin Operasional No.1187/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015 tanggal 26 November 2015. Dari sisi pelaksanaan pengelolaan dan mekanisme manajemen di prodi PGSD FKIP Universitas Bosowa, aspek kredibilitas tercermin dari mekanisme penjaminan mutu Prodi PGSD FKIP Universitas Bosowa yang meliputi kebijakan mutu, sasaran mutu, spesifikasi program studi dan program kerja program studi. Sedangkan aspek kredibilitas untuk pemilihan Ketua Program studi PGSD dilakukan melalui mekanisme yang telah diatur dan disepakati bersama.

2. Akuntabel

Pemilihan ketua program studi secara langsung sesuai dengan Asessment Dekan secara demokratis dan merupakan salah satu aspek akuntabel yang dapat dipertanggung jawabkan. Sebagai bentuk pertanggung jawaban seluruh kegiatan di Prodi PGSD FKIP, maka Kaprodi telah memiliki mekanisme yang menunjukkan akuntabilitas program studi.
Aspek akuntabilitas menunjukkan bahwa rencana, pelaksanaan, dan hasil kegiatan dari program studi dapat diukur dan di nilai melalui kegiatan audit, baik audit internal maupun audit eksternal di bawah koordinasi unit Lembaga Penjaminan Mutu. Contoh dokumen perencanaan pelaksanaan dan evalusi kegiatan program studi yang menunjukkan hal-hal yang dapat diukur dan dinilai, yang meliputi:

  1. Kalender akademik program studi yang disusun setiap semester.
  2. Rencana monitoring dari proses belajar mengajar yang disusun setiap semester
  3. Sasaran mutu program studi yang disusun setiap tahun di bawah koordinasi Lembaga Penjamin Mutu
  4. Evaluasi kinerja tenaga pendidik yang disampaikan oleh mahasiswa
  5. Evaluasi kinerja program studi yang disampaikan oleh para tenaga pendidik dan mahasiswa

3. Bertanggung Jawab

Bentuk aspek bertanggung  jawab dari kinerja para jajaran manajemen prodi PGSD FKIP Universitas Bosowa sudah diatur  dalam SK Rektor No.974/01/U-45/XII/2014 tentang struktur organisasi. Aspek bertanggungjawab dari sistem tata pamong prodi PGSD FKIP Universitas Bosowa tercermin dari adanya dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Adanya surat keputusan/surat penegasan dari pimpinan FKIP kepada
    personal Program studi yang akan melaksanakan kegiatan
    manajerial/struktural dan bagi para tenaga pendidik yang  akan
    melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi.
  2. Dokumen uraian jabatan yang menjelaskan  tugas, wewenang  dan
    Tanggungjawab dari semua unsur yang ada di dalam Jurusan/Program
    Studi yakni: Ketua Program Studi, Pembmbing Akademik, dan Staf
    Layanan Administrasi.
  3. Laporan-laporan pertanggungjawaban kegiatan Program Studi yang
    disampaikan kepada pimpinan Fakultas.

4. Adil

Adapun sistem tata pamong yang adil di program studi diterapkan dengan memberikan kesetaraan atau kesempatan yang sama dalam hal menuntut ilmu, melakukan penelitian untuk pengembangan keilmuan, memberikan saran dan masukan dalam pelaksanaan kegiatan akademik maupun dalam penerapan kebijakan serta memiliki hak yang sama untuk ikut terlibat dalam pemilihan ataupun dipilih untuk mengisi jabatan  struktural dalam hal ini sebagai dekan dan ketua jurusan ataupun jabatan lainnya dalam ruang lingkup universitas.