Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras massa lorem, faucibus vitae purus ut, congue sagittis mauris. Praesent arcu mauris, laoreet vel eleifend in, ultrices et mauris. Nam convallis posuere elit, sed mattis dolor sollicitudin quis. Morbi eleifend risus nec lectus pellentesque sollicitudin. In vehicula maximus finibus. Suspendisse potenti. Cras dignissim, diam a condimentum convallis, mi dolor fringilla est, non congue massa risus ut nibh. Curabitur quis viverra diam, vel sodales augue. Praesent ac quam quam. Proin fringilla nibh a eros egestas malesuada. Integer eu pulvinar quam.

1.  KEBIJAKAN TENTANG SUASANA AKADEMIK

Untuk menciptakan suasana akademik, fakultas mendukung dan melakukan berbagai kegiatan yang mengarah pada penciptaan suasana akademik yang kondusif, misalnya seminar  di  tingkat prodi, fakultas, regional, nasional, dan internasional. Selain itu, fakultas menelenggarakan forum ilmiah,  studi banding ke perguruan tinggi (dalam negeri dan luar negeri), dan penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui hibah Dikti. Upaya lain untuk meningkatkan suasana akademik adalah melalui kerja sama dengan institusi lain yang relevan dengan program studi.

2.  PENYEDIAAN SARANA & PRASARANA

Fakultas dan Universitas Bosowa bertanggung jawab dalam penyediaan dan pengaturan ruangan, seperti ruangan belajar, ruang seminar/diskusi, ruang sekretariat BEM dan HMJ, termasuk peralatan dan perlengkapan yang mendukung penciptaan suasana akademik yang kondusif di lingkungan kampus. Di lantai dasar gedung I dan gedung II terdapat ruang lobi yang digunakan oleh mahasiswa untuk kegiatan budaya dan seni, pameran, diskusi, bedah buku, belajar kelompok, dan diskusi nonformal. Untuk kegiatan berskala nasional dan internasional tersedia Aula Aksa Mahmud, Balai Sidang “45” dan Gedung Lestari “45”. Di halaman kampus terdapat tempat yang luas untuk kegiatan olahraga dan tempat untuk parkir kendaraan. Untuk kegiatan antarkampus dan  rekreasi tersedia mobil kampus sebagai alat transportasi.

3.  DUKUNGAN DANA

Untuk meningkatkan suasana/atmosfir akademik, fakultas menyediakan dana yang cukup. Dana tersebut digunakan untuk pemeliharaan dan penggantian sarana dan prasarana. Penyediaan dana dilakukan melalui rencana kegiatan dan anggaran tahunan fakultas dan prodi. Dengan tersedianya dana, suasana akademik dapat berlangsung dengan lancar dan kondusif. Dukungan dana juga tersedia untuk pengiriman dosen dan mahasiswa mengikuti seminar, lokakarya, dan workshop, baik yang berskala regional, nasional maupun berskala internasional.

4.  KEGIATAN AKADEMIK DI DALAM DAN LUAR KELAS

Selain kegiatan yang dikoordinasikan fakultas, terdapat pula kegiatan pada tingkat prodi yang dapat meningkatkan suasana akademik seperti diskusi, seminar, workshop. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan di dalam kelas. Untuk meningkatkan suasana akademik yang kondusif, mahasiswa disediakan akses internet gratis melalui WIFI universiats. Mahasiswa  juga dapat melakukan kegiatan budaya dan seni, pameran buku, bedah buku, diskusi nonformal, dan belajar kelompok di lobi kampus. Dosen dan mahasiswa melakukan olahraga atau senam pada setiap hari Jumat. Kegiatan ini dilakukan di depan kampus. Pertandingan olahraga antarafakultas dan antar perguruan tinggi, seperti pertandingan bola, bola voli, takraw, tarik tambang, lomba tari, dan lomba nyanyi dilakukan oleh dosen, mahasiswa, dan karyawan pada setiap Dies Natalis Universitas Bosowa. Mahasiswa FKIP juga melaksanakan lomba pidato, lomba baca tulias puisi, lomba tulis karya ilmiah, dan lomba tari pada setiap hari Sumpah Pemuda. Khusus mahasiswa PGSD melakukan Sekolah Jalanan (School Street ) pada setiap semester. Sekolah ini dilaksanakan untuk anak-anak jalanan yang meminta-minta di lampu-lampu merah di Kota Makassar. Kegiatan sekolah jalanan (school street) ini belum dilaksanakan secara maksimal.