Sarana

Sarana penunjang perkuliahan di FKIP saat ini pada umumnya dapat dikatakan cukup memadai untuk terlaksananya program kegiatan, baik di tingkat prodi, fakultas maupun universitas. FKIP memiliki 20 ruangan kelas yang pada umumnya difasilitasi dengan meja dosen, kursi kuliah, LCD projector serta white board, sedangkan untuk mengakses informasi sebagai penunjang perkuliahan, setiap lantai di lingkungan FKIP Universitas Bosowa sudah tersedia jaringan internet yang dapat dipergunakan oleh dosen dan mahasiswa, baik untuk menunjang kegiatan perkuliahan maupun untuk menyelesaikan tugas-tugas. Selain tersedia ruangan kuliah yang digunakan untuk kegiatan perkuliahan dengan metode ceramah atau diskusi, untuk menambah kemampuan dan keterampilan mahasiswa tersedia leboratorium bahasa. Di FKIP Universitas Bosowa saat ini terdapat satu ruang laboratorium bahasa yang dilengkapi dengan fasilitas berupa kursi kuliah, meja kerja dosen, white board, locker, komputer, perangkat operator, LCD proyektor, dan DVP yang dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa bagi mahasiswa.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan (FKIP) sebagai lembaga yang menghasilkan tenaga pendidik dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengajar. Untuk menunjang hal tersebut saat ini tersedia satu ruang microteaching yang dipergunakan oleh para dosen untuk melatih para mahasiswa belajar dan meningkatkan kemampuan mengajar.

Untuk menunjang kegiatan manajemen terdapat sarana ruang pimpinan fakultas ruang pimpinan program studi, dan ruang administrasi yang dilengkapi dengan fasilitas jaringan internet serta fasilitas pendukung lainnya. Saat ini para dosen dapat menjalankan kewajibannya sebagai dosen (untuk melaksanakan kegiatan tridharma perguruan tinggi) dengan baik, serta untuk kenyamanan dalam bekerja berkaitan dengan persiapan mengajar dan membuat laporan penelitian, masing-masing memiliki ruangan yang cukup nyaman.

Untuk menjamin penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi yang bermutu tinggi dalam lima tahun ke depan, fakultas berupaya mengefektifkan penggunaan sarana yang belum dimanfaatkan secara maksimal dan meningkatkan pemeliharaan sarana yang sudah tersedia. Fakultas juga berupaya untuk selalu mengganti sarana yang sudah tidak layak pakai, melengkapi dan menambah sarana yang masih kurang lengkap, dan terus mengadakan sarana-sarana yang belum tersedia, terutama mengadakan sarana-sarana penting untuk menunjang dan menjamin penyelenggaraan pendidikan bermutu tinggi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jadi, ke depan fakulltas akan terus-menerus berupaya memelihara, melengkapi, menambah, dan mengadakan sarana-sarana yang diperlukan, baik untuk kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan maupun untuk kegiatan administrasi dengan memprioritaskan kebutuhan yang sangat mendesak. Hal itu penting diupayakan agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tuntutan dan terjaminnya penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi yang bermutu tinggi di FKIP Univversitas Bosowa.

Prasarana

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa menempati gedung II berlantai Sembilan. Lantai dasar ditempati Perpustakaan Pusat Universitas Bosowa, Ruang IT, kantin, ruang fotokopi, Bank BRI, dan lobi. FKIP menempati lantai II, lantai III, dan lantai IV. Pada tiga lantai tersebut terdiri atas 20 ruang kelas. Ruangan dengan jumlahnya 20 ruangan tersebut digunakan untuk kegiatan perkuliahan, laboratorium, ruang rapat, dan perkantoran. Selain itu, tersedia tempat untuk parkir kendaraan yang cukup memadai. Untuk melihat kehadiran dosen dan pegawai telah tersedia fingerprint yang digunakan setiap hari kerja. Untuk mengakses informasi yang akurat dan cepat, tersedia jaringan internet di setiap lantai gedung, sedangkan untuk alat komunikasi, baik dengan pihak di dalam maupun dengan pihak luar di lingkungan Universitas Bosowa telah tersedia jaringan telepon lokal. Dilihat dari aspek kecukupan, prasarana yang tersedia di FKIP sudah memadai untuk menunjang proses pembelajaran yang bermutu.

Prasarana yang telah diuraikan di atas berada di lingkungan FKIP Universitas Bosowa. Prasarana lain yang ada di luar FKIP dan masih berada di lingkungan Universitas Bosowa adalah Masjid Agung “45”, sarana olahraga, gedung pertemuan (Ruang Rapat Senat, Aula Aksa Mahmud, Balai Sidang ”45”, Gedung Lestari “45”, perpustakaan, keamanan kampus, kantin, bank (BRI dan Bukopin) dan lobi kampus. Dari berbagai sarana dan prasarana gedung yang telah dimiliki FKIP, ketersediaan prasarana masih saja dirasakan kurang oleh sivitas akademika, di antaranya masih belum tersedianya ruang dosen yang memadai, ruang baca mahasiswa yang representatif, monitor CCTV. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, pihak Univerasitas dan Yayasan senantiasa melakukan langkah-langkah strategis untuk mengatasi kekurangan prasarana di lingkungan Universitas Bosowa. Universitas dan Yayasan secara terus-menerus melengkapi dan mengadakan prasarana di lingkungan Universitas Bosowa sesuai dengan kemampuan.

Sistem Informasi

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, FKIP telah memanfaatkan jaringan internet untuk menunjang kegiatan akademik dan administrasif. Dengan memanfaatkan jaringan internet, pelayanan terhadap mahasiswa, dosen, pegawai maupun pihak luar semakin meningkat. Untuk menunjang program tersebut, UniversitasBosowa/FKIP sampai saat ini telah memiliki jaringan layanan publik secara online yang ditunjang dengan kelengkapan software dan hardware. Dalam mewujudkan pelayanan yang maksimal, internet menjadi produk unggulan Universitas Bosowa. Informasi-informasi tentang program stuidi di lingkunngan Universitas Bosowa/FKIP dengan mudah dapat diakses oleh masyarakat, misalnya informasi penerimaan mahasiswa baru dan fasilitas lain di lingkungan Universitas Bosowa.
Pamanfaatan IT juga diwujudkan dalam program e-learning atau pembelajaran berbasis teknologi. Learning Management System yang dimiliki Uniersitas Bosowa dapat dimanfaatkan oleh seluruh dosen, termasuk dosen FKIP. Untuk memaksimalkan monitoring pimpinan fakultas terhadap pelaksanaan program kerja di setiap program studi, keberadaan sistem manajemen informasi dan Sismik menjadi hal yang mutlak disediakan dan dipergunakan. Sistem informasi tersebut memiliki tingkat keakuratan dan kemudahan serta efisiensi waktu yang cukup tinggi sehingga setiap kebijakan akan semakin mudah tersosialisasikan dan terserap oleh semua pihak dengan baik. Dalam bidang layanan akademik telah tersedia Sistem Informasi Akademik (SISMIK)) untuk layanan administrasi akademik, bimbingan akademik, pemasukan jadwal perkuliahan, mengakses nilai bagi mahasiswa, pemasukan nilai oleh dosen, dan penilaian kinerja dosen. Dengan model tersebut, pemasukan nilai oleh dosen di atas 95 % tepat waktu.
Sistem informasi melalui fasilitas Sismik sangat bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan karena akses data dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, serta manipulasi dapat dihindari. Hal itu dapat berpengaruh pada pengembangan institusi ke depan. Sistem informasi dengan Sismik dimanfaatkan dalam proses program mata kuliah pada setiap semester untuk membantu setiap mahasiswa merencanakan studinya dengan baik, jadwal pembayaran SPP/BPP, jadwal perkuliahan, jadwal ujian, dan jadwal pengunduhan kartu rencana studi (KRS). Perkembangan studi mahasiswa, seperti kartu hasil studi (KHS) mahasiswa yang berisi nilai setiap mata kuliah dan indeks prestasi komulatif (IPK) mahasiswa secara otomatis dapat dimanfaatkan dan diakses oleh setiap mahasiswa melalui sistem informasi Sismik ini. Jadi, proses pembelajaran di Universitas Bosowa, khusunya di FKIP telah memanfaatkan sistem informasi dan teknologi komunikasi yang memadai. Sistem informasi akademik (Sismik) tersebut dimanfaatkan secara terpadu dalam kegiatan akademik di Universitas Bosowa , seperti kegiatan memprogramkan mata kuliah, mengunduh KRS, KHS, jadwal perkuliahan, mengimput nilai mata kuliah, mengakses nilai mata kuliah, dan mencetak transkripsi nilai mahasiswa.

QUICKLINKS