Pend. B. IndonesiaPGSDPend. B. InggrisTotal Mahasiswa
Mahasiswa Baru
35290254579
Mahasiswa Transfer
37010
Total
38297254589

Ststistik Lulusan

RATA-RATA WAKTU STUDI

4,46 Tahun

RATA-RATA IPK LULUSAN

3,22

Pandangan Fakultas

KEWAJARAN

Masa studi mahasiswa FKIP rata-rata pada rentang 8 – 9 semester dengan rata-rata IPK 3.22. Masa studi mahasiswa tersebut dinggap wajar (walaupun ada dua tiga orang yang harus menyelesaikan masa studinya sampai 10 semester) karena masa studi mahasiswa S-1 di Universitas Bosowa dapat ditempuh selama 14 semester (7 tahun). Walaupun dipandang masih wajar, fakultas tetap berusaha tanpa henti agar masa studi rata-rata fakultas makin pendek dan IPK-nya terus meningkat.

UPAYA PENGEMBANGAN

Fakultas menargetkan mahasiswa semua program studi di lingkungan FKIP lulus dengan standar minimal IPK rata-rata 3,30. Sekarang rata-rata IPK mahasiswa belum sesuai dengan apa yang ditargetkan. Untuk ke depan IPK rata-rata mahasiswa yang ditargetkan harus tercapai dan harus ditingkatkan terus sehingga 35% mahasiswa FKIP harus lulus dengan predikat pujian (cumlaude). Ini perlu dilakukan karena IPK rata-rata 3,30 bukan merupakan hal yang ideal karena rata-rata IPK perguruan tinggi lain bisa lebih tinggi dari 3,30. Dampaknya, bisa terjadi IPK alumni FKIP Universitas Bosowa kalah bersaing dalam memperebutkan lapangan pekerjaan. Hal itu bisa terjadi bukan karena mahasiswa tidak kompeten, tetapi karena mahasiswa ber-IPK rendah sementara IPK minimal yang dipersyaratkan tinggi.

Salah satu upaya agar IPK lebih akurat menggambarkan kompetensi mahasiswa dan juga memperkuat daya saing lulusan dalam kompetisi dunia kerja, sekarang penghitungan nilai mahasiswa tidak lagi hanya dalam skala 4 (A, B, C, D), tetapi menjadi agak lebih rinci dengan skala 6 (A, A-, B, B-, C, dan D). Untuk memberi informasi lebih banyak mengenai kompetensi lulusan, selain IPK, di masa depan fakultas perlu mempermantap penerapan sertifikat kompetensi kebahasaan berstandar internasional untuk semua program studi. Selama ini yang sudah melaksanakan sertifikasi itu terbatas pada dua program studi, yaitu TOEFL untuk Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan UKBI untuk Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Untuk Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), tes seperti itu belum dikembangkan.

UPAYA PENINGKATAN MUTU

Untuk meningkatkan mutu akademik dan mutu lulusan, FKIP bersama prodi berupaya mendorong para dosen untuk selalu meningkatkan kepakarannya dengan melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan standar yang disyaratkan oleh Badan Penjaminan Mutu Universitas Bosowa,menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan atau memenuhi SAP-Silabus, memperbaharui isi dan referensi SAP-Silabus, meningkatkan kualitas perpustakaan, dan memaksimalkan bimbingan akademik kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat merencanakan studinya dengan cermat, tepat, dan cepat. Fakultas juga berusaha meningkatkan kualifikasi dosen dan tenaga kependidikan, meningkatkan kualitas sumber belajar, dan meningkatkan kualitas interaksi akademik antara mahasiswa dan dosen berdasarkan umpan balik yang diterima dosen dari kuesioner kepuasan mahasiswa atas kinerja dosen dan instrumen lain.

KENDALA-KENDALA

Kendala-kendala yang dihadapi FKIP antara lain:

  1. rata-rata mahasiswa FKIP berasal dari keluarga tindak mampu,
  2. sebagian mahasiswa berkuliah sambil bekerja sehinga motivasi belajar kurang maksimal, dan
  3. sebagian dosen FKIP masih berpangkat Asisten Ahli.