Secara umum pelaksanaan penjaminan mutu di Universitas dikoordinasi oleh Bada Penjaminan Mutu.Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nullam augue felis, ultricies vel feugiat sed, malesuada nec quam. In commodo tempor porttitor. Aliquam erat volutpat. Etiam tempus sit amet purus ut dignissim. Nunc semper, diam sit amet finibus dignissim, turpis leo mattis eros, vitae hendrerit mi arcu sed quam. In rutrum eros a tempus euismod. Suspendisse ac mollis magna. Pellentesque in arcu a massa cursus viverra ut sed augue. Curabitur maximus magna lacus, sit amet consequat nisi tincidunt et. Maecenas sed enim urna. Donec vitae eros nibh. In ut justo ante. Suspendisse eu mi ut nisi pellentesque semper. Duis blandit accumsan pulvinar. Duis ultricies tempor elit ac tincidunt.

Gambar secara umum penjaminan mutu FKIP:

Standar Mutu FKIP

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Standar Mutu  

Sistem Penjaminan Mutu FKIP

  • Penjaminan Mutu di Tingkat Universitas
    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean non dapibus ex. In hendrerit metus turpis, in efficitur leo suscipit at. Curabitur ornare est ut convallis dictum. Sed ullamcorper, lacus sit amet rutrum vestibulum, erat sem pretium turpis, ut mollis odio nulla nec tellus. Suspendisse tempus massa bibendum, congue nunc mattis, dictum lorem. Maecenas molestie tortor vel sodales dignissim. Mauris fermentum pellentesque diam, non dapibus ligula vestibulum non. Sed luctus pharetra elit in molestie. Nam nec odio eu justo eleifend pretium. Nullam sodales, lorem at blandit consequat, est nisi malesuada nulla, ac facilisis nulla sapien eget elit. Morbi sollicitudin risus quis eros tincidunt fringilla. Praesent commodo vehicula purus, ut condimentum eros.
    Badan Penjaminan Mutu Universitas Bosowa
  • Penjaminan Mutu di Tingkat Fakultas
    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean non dapibus ex. In hendrerit metus turpis, in efficitur leo suscipit at. Curabitur ornare est ut convallis dictum. Sed ullamcorper, lacus sit amet rutrum vestibulum, erat sem pretium turpis, ut mollis odio nulla nec tellus. Suspendisse tempus massa bibendum, congue nunc mattis, dictum lorem. Maecenas molestie tortor vel sodales dignissim. Mauris fermentum pellentesque diam, non dapibus ligula vestibulum non. Sed luctus pharetra elit in molestie. Nam nec odio eu justo eleifend pretium. Nullam sodales, lorem at blandit consequat, est nisi malesuada nulla, ac facilisis nulla sapien eget elit. Morbi sollicitudin risus quis eros tincidunt fringilla. Praesent commodo vehicula purus, ut condimentum eros.
  • Penjaminan Mutu di Tingkat Jurusan
    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Aenean non dapibus ex. In hendrerit metus turpis, in efficitur leo suscipit at. Curabitur ornare est ut convallis dictum. Sed ullamcorper, lacus sit amet rutrum vestibulum, erat sem pretium turpis, ut mollis odio nulla nec tellus. Suspendisse tempus massa bibendum, congue nunc mattis, dictum lorem. Maecenas molestie tortor vel sodales dignissim. Mauris fermentum pellentesque diam, non dapibus ligula vestibulum non. Sed luctus pharetra elit in molestie. Nam nec odio eu justo eleifend pretium. Nullam sodales, lorem at blandit consequat, est nisi malesuada nulla, ac facilisis nulla sapien eget elit. Morbi sollicitudin risus quis eros tincidunt fringilla. Praesent commodo vehicula purus, ut condimentum eros.

Pelaksanaan Penjaminan Mutu FKIP

A. PERENCANAAN

Perencanaan Penjaminan Mutu dilakukan dengan menyusun mekanisme evaluasi kinerja akademik dosen, menjabarkan dan menyiapkan instrument penilaian, mensosialisasikan mekanisme monitoring online dan manual serta menentukan jadwal dan keberkalaan evaluasi penjaminan mutu di Jurusan. Kesemua proses ini dilakukan dengan kordinasi Tim Penjaminan Mutu Universitas dan Tim Penjamin Mutu Fakultas serta senantiasa mengacu pada dokumen-dokumen penjaminan mutu yang telah disusun di setiap jenjang Penjaminan Mutu baik Jurusan, Fakultas, maupun Penjaminan Mutu

B. PELAKSANAAN

Di tingkat Fakultas Unit Penjaminan Mutu dikoordinasikan oleh Wakil Dekan. Secara horizontal penjaminan mutu dilakukan melalui monitoring proses belajar mengajar yang tercermin dari kehadiran mahasiswa dan dosen serta asisten melalui sistem presensi, perbaikan metode pembelajaran melalui penyusunan RPS, Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM) yang selalu diperbaharui terus menerus (Kesesuaian materi perkuliahan dengan SAP dapat ditunjukkan dengan presensi dosen dan materi yang diberikan, diferifikasi oleh mahasiswa) penilaian yang transparan serta evaluasi dan umpan balik dari mahasiswa terhadap perkuliahan. Pada setiap akhir semester, mahasiswa wajib memberikan evaluasi terhadap dosen pengajar mata kuliah melalui pengisian kuesioner. Evaluasi proses pembelajaran ini kemudian akan diproses dan di analisis Unit Penjaminan. Hasilnya dikembalikan ke Fakultas untuk diproses dan ditindaklanjuti demi perbaikan sistem dan proses belajar-mengajar.

Selain itu, di tingkat program studi telah dibentuk tim kerja Sistem Penjaminan Mutu tingkat Program Studi, yang bertugas menganalisis dan mengevaluasi proses belajar-mengajar baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Temuan dari Tim dilaporkan ke Unit Penjaminan Mutu terkait atau ke Program Studi maupun Fakultas untuk ditindak lanjuti.

Sistem monitoring dan pengendalian mutu di Tingkat akhir juga dilakukan melalui bimbingan tugas akhir/skripsi di bawah Koordinasi Koordinator Tugas Akhir yang dibentuk melalui mekanisme Rapat Program Studi. Koordinator Tugas Akhir ini membantu Program Studi dalam mengelola sistem Tugas Akhir seperti penentuan dosen pembimbing skripsi, penguji seminar proposal dan ujian pendaftaran.

Ujian pendadaran dilakukan secara tertutup oleh empat orang penguji. Skripsi/Tugas Akhir harus disertai surat pernyataan bahwa Tugas Akhir merupakan hasil kerja sendiri bukan hasil plagiasi. Dokumen Tugas Akhir di Upload dalam Repositori Perpustakaan Unibos, disertai naskah jurnal/rangkuman eksekutif hasil tugas akhir yang telah direview oleh Dosen Pembimbing.

Seluruh pengawasan terhadap proses pembelajaran dilakukan secara terus-menerus melalui rapat ditingkat program studi  sebagai unjung tombak pengembangan mata kuliah, rapat program studi, dan rapat/lokakarya akademik di tingkat fakultas dengan koordinasi oleh wakil dekan.

Di tingkat program studi telah dibentuk tim penjaminan mutu tingkat program studi yang diangkat dengan surat keputusan dekan. Sistem penjaminan mutu tingkat fakultas dibawah koordinasi wakil dekan. Masing-masing program studi mempunyai tim penjaminan mutu yang mempunyai tugas-tugas untuk membantu ketua program studi dan sekretaris program studi didalam memonitor serta mengevaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam satu tahun akademik. Dengan demikian diharapkan PBM yang dilakukan oleh para dosen dapat termonitor serta terkontrol dengan baik. Monitoring dan evaluasi tersebut tidak terbatas pada jumlah pertemuan maupun satuan acara perkuliahan yang telah dilakukan oleh para dosen  tetapi juga memonitor soal ujian serta penilaiannya

C. TAHAPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT

Hasil evaluasi penjamin mutu selalu digunakan sebagai umpan balik melalui perbaikan setiap kekurangan dan kelemahan yang telah ditemukan. Perbaikan dan tindak lanjut diarahkan pada terpenuhinya standar penjaminan mutu yang telah disusun. Untuk peningkatan mutu pembelajaran, dilakukan evaluasi proses pembelajaran secara online melalui sistem informasi akademik yang dikelola oleh universitas. Evaluasi itu dilakukan dengan pengisian kuesioner oleh mahasiswa. Bersamaan dengan itu, mahasiswa juga dapat mengakses nilai ujian setiap mata kuliah. Adapun untuk peningkatan kualitas bahan ajar, Jurusan mengadakan diskusi yang membahas RPS dan SAP.

Setiap tim pengajar diwajibkan membuat RPS dan SAP mata kuliah yang diampu. Kegiatan evaluasi kinerja dosen dalam proses pembelajaran juga dilakukan secara manual. Kegiatan ini berdasarkan pada dokumen-dokumen pembelajaran, misalnya RPS dan SAP, buku ajar, hand out, presensi kehadiran dosen dan mahasiswa. Evaluasi kinerja dosen bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara apa yang telah direncanakan dengan pelaksanaan perkuliahan. Evaluasi dilakukan dalam forum pertemuan oleh pengajar, rapat dosen dan lokakarya kurikulum. Lembaga penjaminan mutu di tingkat universitas menyelenggarakan berbagai pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas bahan ajar dan pembelajaran serta penyusunan SAP dan RPS melalui pelatihan “peningkatan keterampilan dasar teknik instruksional” (Pekerti) dan Pelatihan Applied Aproach Plus (AA Plus) serta pendampingan penyusunan kurikulum.